Mengadakan Les IPA untuk Siswa MTsN berbasis Kelas Ceria (Oleh : Devi Susilayani/FMIPA/Fisika)



1.      Bidang Kegiatan Yang dipilih
Bidang kegiatan yang dipilih untuk program ini adalah bidang pendidikan, dengan maksud meningkatkan pengetahuan dan memberikan pemahaman serta wawasan tentang Ilmu Pengetahuan Alam yang dibutuhkan oleh siswa/siswi tingkat MTsN.
2.      Maksud, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai
Program ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyediakan wadah atau tempat bagi anak-anak untuk belajar dan bertanya. Ilmu Pengetahuan Alam khususnya Fisika merupakan pelajarann kurang diminati oleh siswa/siswi setingkat MTsN. Alasan mereka tidak menyukai fisika dikarenakan materinya sulit dan banyak rumus. Oleh karena itu belajar di sekolah tidaklah cukup untuk membuat para siswa/siswi mengerti dikarekanan waktu belajar disekolah sangatlah tidak memadai dan jumlah siswa yang banyak dan waktu yang singkat.
 Kegiatan ini juga bertujuan sebagai alat bantu bagi siswa yang berada dijenjang pendidikan tingkat MTsN untuk bertanya dan mengulang kembali pelajaran atau materi yang diperoleh disekolah, sehingga mereka dapat lebih memahaminya. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar anak-anak tersebut tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan bimbingan belajar diluar sekolah yang tentu akan sangat membantu pendidikannya disekolah.

3.      Hasil yang dicapai dan Tindak Lanjut
Setelah melihat materi ajar IPA (Fisika) anak-anak tingkat MTsN di Gampong Beurawang maka program ini dijalankan dengan dua metode yaitu metode pembelajaran ceria dan metode praktik mengerjakan soal. Walaupun sebagian besar masih belum mengerti banyak materi, namun dikarenakan semangat dan kemauan yang besar proses pembelajaran menjadi semakin mudah.
Setelah diadakannya les ini, mereka sudah dapat mengerjakan soal-soal dan tugas rumah yang diberikan oleh guru sekolah secara mandiri. Diharapkan kedepannya, program ini dapat dilanjutkan oleh mereka dengan membuat kelompok belajarsendiri dengan pertemuan rutin.

4.      Faktor Pendukung dan Penghambat
Faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah tersedianya tempat serta  dukungan dari orangtua yang mempercayakan adik-adik didesa beurawang untuk mengikuti les IPA (Fisika) serta bantuan dari kawan-kawan KKN.
Faktor penghambatan dalam kegiatan ini hampir tidak ada kecuali semangat belajar anak-anak untuk belajar IPA (Fisika) yang terkadan naik-turun. 

Komentar

Postingan Populer