Eksperimen Tekanan Hidrostatik Untuk Menentukan Kualitas Minyak (Oleh: Muhammad Ikram/FMIPA/Fisika)


1. Bidang Kegiatan yang dipilih
Bidang kegitan yang dipilih adalah bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan. ilmu fisika umumnya mempelajari gejala alam, sifat benda, sifat materi dan partikel yang lebih kecil. Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa ilmu fisika itu sangat berhubungan dengan rumus dan hitungan sehingga bagi siswa MTsn pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sangat tidak disukai. Namun sebenarnya tanpa disadari Ilmu fisika sangat bermanfaat, sangat dekat dengan kehidupan dan berguna untuk perkembangan teknologi yang ada dikehidupan ini. 
Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anak sejak dini telah diperkenalkan dengan fisika. Fisika melatih anak bereksperimen dengan melaksanakan beberapa percobaan, memperkaya wawasan anak untuk selalu ingin mencoba dan mencoba. Fisika membiasakan anak-anak mengikuti tahap-tahap eksperimen dan tak boleh menyembunyikan suatu kegagalan. Artinya, fisika dapat melatih mental positif, berpikir logis, dan urut (sistematis). Di samping itu, dapat pula melatih anak bersikap cermat, karena anak harus mengamati, menyusun prediksi, dan mengambil keputusan

2. Maksud, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai
Maksud eksperimen ini dibuat yaitu untuk memperkenalkan kepada siswa tentang adanya ilmu fisika dan menambah wawasan siswa. Dalam eksperimen ini siswa dapat menentukan kulitas minyak. Dengan cara menghitung nilai rapat masa dari minyak. Dalam percobaan ini sampel minyak yang di pakai adalah 3 sampel, minyak belum pakai, minyak 1 kali pakai , minyak 2 kali pakai. Siswa menentukan kulitas minyak dengan mengetahui rapat massa dari minyak dan membandingkan dengan teori yang sudah ada.   Untuk mengetahui  rapat massa minyak siswa harus melakukan  percobaan tekanan hidrostatik dengan menggunakan pipa u sederhana yang di buat dari selang bangunan.
Sasaran yang ditujukan adalah siswa Mtsn Meureudu dan harapan  yang di inginkan siswa dapat menerapkan ilmu sains dalam kehidupan sehari hari dan dengan percobaan ini siswa dapat paham bgaimana percobaan tekanan hidrostatik dan mengerti penerapannya.

3. Hasil yang dicapai dan Tindak Lanjut
Hasil yang didapat ialah siswa mendapatakan ilmu baru. Siswa lebih mengatahui aplikasi dari ilmu fisika dan siswa dapat belajar fisika dengan seru yaitu percobaan sederhana. Tindak lanjunya ialah siswa dapat mengaplikasi kan sendiri dirumah untuk mengetahui kulitas minyak goreng yang dipakai dirumah.

4. Faktor Pendukung dan Penghambat
Factor pendukung pada kegiatan ini diantaranya adalah
Adapun factor penghambat pada kegiatan ini yaitu :
1. Adanya izin dari wakil kepala sekolah untuk mengapdi di sekolah.
2. Adanya jam kosong tidak  guru ketika melakukan eksperiment
3. Adanya kawan sekelompok untuk membantu mendokumentasi
4. Adanaya prasaranan sekolah yang bisa di mamfaatkan seperti: papan tulis , spidol , dan      meja besar.

Factor penghambat pada kegiatan ini diantaranya adalah
Adapun factor penghambat pada kegiatan ini yaitu :
1. Keberadaan beberapa anak yang tidak sopan
2. Tidak adanya pengeras suara

3. Susah untuk mancari air krant 

Komentar

Postingan Populer