Eksperimen Tekanan Hidrostatik Untuk Menentukan Kualitas Minyak (Oleh: Muhammad Ikram/FMIPA/Fisika)
Bidang kegitan yang dipilih adalah
bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan. ilmu fisika umumnya mempelajari
gejala alam, sifat benda, sifat materi dan partikel yang lebih kecil. Sebagian
orang ada yang beranggapan bahwa ilmu fisika itu sangat berhubungan dengan
rumus dan hitungan sehingga bagi siswa MTsn pelajaran fisika merupakan
pelajaran yang sangat tidak disukai. Namun sebenarnya tanpa disadari Ilmu
fisika sangat bermanfaat, sangat dekat dengan kehidupan dan berguna untuk
perkembangan teknologi yang ada dikehidupan ini.
Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika
anak sejak dini telah diperkenalkan dengan fisika. Fisika melatih anak
bereksperimen dengan melaksanakan beberapa percobaan, memperkaya wawasan anak
untuk selalu ingin mencoba dan mencoba. Fisika membiasakan anak-anak mengikuti
tahap-tahap eksperimen dan tak boleh menyembunyikan suatu kegagalan. Artinya,
fisika dapat melatih mental positif, berpikir logis, dan urut (sistematis). Di
samping itu, dapat pula melatih anak bersikap cermat, karena anak harus
mengamati, menyusun prediksi, dan mengambil keputusan
2.
Maksud, Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai
Maksud eksperimen ini dibuat yaitu untuk
memperkenalkan kepada siswa tentang adanya ilmu fisika dan menambah wawasan
siswa. Dalam eksperimen ini siswa dapat menentukan kulitas minyak. Dengan cara
menghitung nilai rapat masa dari minyak. Dalam percobaan ini sampel minyak yang
di pakai adalah 3 sampel, minyak belum pakai, minyak 1 kali pakai , minyak 2
kali pakai. Siswa menentukan kulitas minyak dengan mengetahui rapat massa dari
minyak dan membandingkan dengan teori yang sudah ada. Untuk mengetahui rapat massa minyak siswa harus melakukan percobaan tekanan hidrostatik dengan
menggunakan pipa u sederhana yang di buat dari selang bangunan.
Sasaran yang
ditujukan adalah siswa Mtsn Meureudu dan harapan yang di inginkan siswa dapat menerapkan ilmu
sains dalam kehidupan sehari hari dan dengan percobaan ini siswa dapat paham
bgaimana percobaan tekanan hidrostatik dan mengerti penerapannya.
3.
Hasil yang dicapai dan Tindak Lanjut
Hasil yang didapat ialah siswa
mendapatakan ilmu baru. Siswa lebih mengatahui aplikasi dari ilmu fisika dan
siswa dapat belajar fisika dengan seru yaitu percobaan sederhana. Tindak
lanjunya ialah siswa dapat mengaplikasi kan sendiri dirumah untuk mengetahui
kulitas minyak goreng yang dipakai dirumah.
4.
Faktor Pendukung dan Penghambat
Factor pendukung
pada kegiatan ini diantaranya adalah
Adapun factor
penghambat pada kegiatan ini yaitu :
1. Adanya izin
dari wakil kepala sekolah untuk mengapdi di sekolah.
2. Adanya jam
kosong tidak guru ketika melakukan
eksperiment
3. Adanya kawan
sekelompok untuk membantu mendokumentasi
4. Adanaya prasaranan sekolah yang bisa di mamfaatkan seperti: papan tulis ,
spidol , dan meja besar.
Factor penghambat
pada kegiatan ini diantaranya adalah
Adapun factor
penghambat pada kegiatan ini yaitu :
1. Keberadaan
beberapa anak yang tidak sopan
2. Tidak adanya
pengeras suara
3. Susah untuk
mancari air krant
Komentar
Posting Komentar